Korea Selatan Perkenalkan Visa Hallyu, Apa Itu?

0

ihgma.com, Jakarta – Korea Selatan baru-baru ini memperkenalkan jenis visa perjalanan baru yang disebut ‘Hallyu Visa.’ Visa Hallyu mengacu pada hiburan Hallyu atau Korean Wave seperti K-Pop, K-Drama, dan K-film yang semakin populer di seluruh dunia.

Mengutip Koreaboo, program visa baru tersebut bertujuan untuk menarik masyarakat dunia yang memiliki bakat di bidang seni dan budaya. Program visa Hallyu dirancang khusus untuk memudahkan orang asing yang ingin belajar tentang budaya dan industri hiburan Korea.

Seorang pejabat senior Kementerian Kehakiman menjelaskan tujuan di balik program tersebut. Pejabat itu menyebut bahwa Visa Hallyu merupakan respons pemerintah atas melonjaknya permintaan akan pendidikan tentang konten budaya Korea. Selain itu, visa khusus ini juga diharapkan bisa mendukung bangkitnya industri musik lokal yang dilanda pandemi.

Seperti diketahui, Korean wave atau gelombang Korea telah menjadi fenomena global yang berpengaruh di industri musik, film, dan televisi di seluruh dunia. Sejak pandemi COVID-19 di 2020, gelombang Korea makin menguat dengan aksi menonjol para bintang K-pop, seperti BTS dan Blackpink, lalu diikuti oleh K-drama.

Ilustrasi Namsan Tower di Korea Selatan
Ilustrasi Namsan Tower di Korea Selatan.(shutterstock.com/nami-chwang)

 

Lantas bagaimana cara mengikuti program Visa Hallyu?

Untuk memenuhi syarat program ini, Anda harus berencana untuk tinggal lebih dari 90 hari di Korea Selatan dan mendaftar di pendidikan terkait hiburan.

Menurut pejabat setempat, persyaratan lebih lanjut akan diumumkan pada paruh pertama tahun 2022, termasuk ketentuan mengenai durasi maksimum menginap dan kemungkinan persyaratan usia.

Seperti diketahui, banyak orang yang pergi ke Korea untuk liburan, kerja, atau program pertukaran bahasa. Dan dengan adanya visa Hallyu akan memungkinkan lebih banyak lagi orang asing yang tertarik ke Korea untuk belajar dan tinggal di sana.

Leave A Reply

Your email address will not be published.