Kemenparekraf Target Kembangkan 250 Desa Wisata hingga 2024

0

ihgma.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menargetkan pengembangan 250 Desa Wisata melalui program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI). Adapun untuk tahun ini, sebanyak 75 besar desa yang lolos seleksi akan memperebutkan tempat terbaik dalam ajang tersebut.

Di Jawa Barat, salah satu desa yang masuk 75 besar ADWI 2023 adalah Desa Wisata Alamendah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung.

“Anugerah wisata kita segera luncurkan dan tahun ini sudah mencapai 75 desa wisata. Akhir dari pada pemerintahan tahun depan, dengan targetnya 250 desa wisata kita sentuh dengan berbagai program,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat ditemui di Kecamatan Rancabali seperti dilansir Kompas, Kamis (10/8/2023).

Ia menambahkan, program tersebut menjadi prioritas lantaran saat ini sektor pariwisata baru saja bangkit seusai diterjang Pandemi Covid-19.

“Desember 2020 keadaan pariwisata betul-betul dalam keadaan yang sangat memprihatinkan,” ujar dia.

Yakini desa wisata di Jawa Barat ikut bangkit

Khusus di Desa Wisata Alamendah yang dikunjunginya, kata Sandiaga, telah mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan saat Covid-19.

Salah satu faktor bangkitnya peningkatan kunjungan di Desa Alamendah menurutnya adalah karena adanya beberapa program yang dicanangkan oleh Kemenparekraf. Ini termasuk pelatihan literasi, pelatihan keuangan, kerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta serta Perusahaan lainnya sehingga desa wisata menjadi lebih tangguh di masa depan.

“Dengan daya tarik wisata yang beragam, lebih banyak dan kemampuan membangun produk ekonomi kreatif unggulan,” ucap mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Selain Kabupaten Bandung saja, Sandiaga juga meyakini sektor pariwisata di wilayah lainnya di Jawa Barat, seperti Pangandaran, Garut, dan Sukabumi dapat kembali pulih.

Ia menargetkan, lima Desa di Provinsi Jawa Barat bakal disentuh dan diharapkan menjadi penopang ekonomi daerah.

“Saya yakin dengan kolaborasi bersama ditunjukan dengan lima desa wisata di provinsi jabar. Mulai dari Pangandaran, Garut, sampai Sukabumi dan di Kabupaten Bandung ini kita bisa pulihkan lagi kebangkitan ekonomi kita. Demi memberi kesejahteraan masyarakat yang meningkat,” tuturnya.

Lebih jauh, Sandiaga menyebutkan, angka kunjungan ke destinasi wisata di Bandung Selatan mengalami peningkatan sebanyak 30 persen dibandingkan dua tahun lalu.

Ia pun mengapresiasi kerja sama beberapa pihak yang terlibat dalam mewujudkannya.

“Saya pantau dari kunjungannya, tahun lalu naik 30 persen, tahun ini naik lagi. Saya berkomitmen akan melanjutkan perjuangan ini dengan kerja lebih keras lagi dekat dengan masyarakat dan memberikan peningkatan kesejahteraan kepada rakyat,” ucap Sandiaga.

Leave A Reply

Your email address will not be published.