Jelajah Bike Ajak Wisatawan Berwisata dengan Sepeda di Bali, Perputaran Uang Capai Rp 2,5 Miliar

0

ihgma.com, Denpasar – Jelajah Bike merupakan perusahaan penyelenggara event olahraga dan petualangan ingin terlibat dalam upaya pemulihan ekonomi di Bali melalui bersepeda.

Pesepeda diajak berwisata sekaligus berolahraga. Sabtu 18 Juni 2022, Jelajah Bike kembali selenggarakan event Bali’>bersepeda di  Bali. Koordinator Jelajah Bike, Johannes mengatakan, Jelajah Bike di Bali berlangsung pada dua hari yakni pada tanggal 18-19 Juni 2022.

“Jarak tempuhnya 116 kilometer dari Sanur menuju ke Kintamani melewati Landih kemudian sampai Kintamani kemudian kembali finish ke Sanur. Kintamani salah satu tempat terfavorit, sehingga kita membawa mereka (para pesepeda) kesana, seperti dilansir Tribun Bali” jelasnya, Sabtu 18 Juni 2022.

Ia menekankan Jelajah Bike ini bukan lomba, melainkan para pesepeda berwisata di atas pedal sepeda gayung. Sehingga tidak ada patokan waktu karena hanya untuk bersenang-senang saja. Persiapan dan koordinasi terkait acara ini dikatakan sudah lancar. Termasuk dengan aparat keamanan polisi.

“Kegiatan ini adalah bagian menggerakan perekonomian Bali pasca Covid-19. Sebenarnya Bali diujung manapun menarik yang menarik dari infrastruktur bagus, jalannya beraspal mulus lalu masyarakatnya ramah jadi wisatawan dapat bersepeda sambil berwisata. Kolaborasi berwisata sambil bersepeda sangat pas di Bali,” imbuhnya.

Tahun 2020, ekonomi dunia, termasuk Indonesia lumpuh total akibat dihantam wabah virus corona (Covid) 19. Sebagian negara, termasuk Indonesia sudah memasuki resesi. Itu sebabnya, menggerakkan ekonomi dengan tetap menjaga kesehatan menjadi pilihan mutlak.

Sektor pariwisata merupakan salah satu andalan untuk menghidupkan kembali roda perekonomian masyarakat. Bali sebagai pusat pariwisata nasional telah dibuka lagi untuk wisatawan domestik. Kemudian menyusul wisatawan asing. Wisatawan diharapkan semakin banyak datang ke Bali.

Tahun 2021, Jelajah Bike juga menyelenggarakan Jelajah Bali Bike pada bulan Juni juga. Ketika itu mengambil rute Kuta, Tanah Lot, Tabanan, Jatiluwih, Bedugul, Sangeh, Ubud, Tampak Siring, Ketewel. Jadi, event tahun ini merupakan yang kedua.

Kami berkomitmen untuk menjadikan Jelajah Bali Bike merupakan event tahunan dari Jelajah Bike.

“Jelajah Bali Bike ini ditargetkan diikuti minimal 160-an orang. Ada yang datang pada sehari jelang pelaksanaan kegiatan. Ada pula yang datang beberapa hari sebelumnya. Bahkan, ada lagi yang masih berlibur di Bali setelah selesai acara,” paparnya.

Kehadiran peserta menghidupkan hotel, usaha makanan, sewa kendaraan dan industri kecil lainnya. Perputaran uang di Bali dari event Jelajah Bali Bike 2022 ini ditaksir minimal mencapai Rp 2,5 miliar. Jelajah Bali Bike selama dua hari ini diikuti sekitar 180 pesepeda.

Peserta berasal dari berbagai kota di Indonesia, antara lain: Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, Tangerang, Bandung, Semarang, Salatiga, Yogyakarta, Batam, Pontianak, Bontang (Kaltim), Gorontalo, Makassar, Nabire (Papua), Surabaya, Malang, dan Denpasar ( Bali).

Rute perjalanan pertama Jelajah Bike yakni Jalan Bypas Sanur, Jalan Baypas Ida Bagus Mantra Ketewel, belok kiri masuk Jalan Tegal Besar (Gianyar), Jalan Bakas, naik ke utara Jalan Raya Desa Nyalian, Jalan Desa Tohpati atau Jalan Desa Brakas, lalu Jalan Desa Tembuku, Jalan Desa Landih, Jalan Batur Tengah, Lake View Restoran untuk makan siang.

Lalu masuk Jalan Raya Penelokan, jelang Pura Batur belok kiri Jalan Raya Kitamani-Ubud; turun ke Jalan Raya Payangan, Jalan Raya Sayan Ubud, Jalan Raya Singapadu, Jalan Raya Batu Bulan; Jalan WR Supratman, Jalan Bypas Sanur, Inna Bali Beach Resort.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.