Istanbul Kota yang Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan Internasional pada 2023

0

ihgma.com, Jakarta – Istanbul, Turki, tercatat sebagai kota dengan kedatangan internasional tertinggi di dunia pada 2023, menurut laporan Euromonitor International’s World’s Top 100 City Destinations. Sekitar 20,2 juta wisatawan datang ke kota itu sepanjang tahun lalu.

“Perjalanan internasional terus mengalami pemulihan yang kuat pada 2023, dengan pertumbuhan jumlah perjalanan sebesar 38 persen, yang diproyeksikan mencapai 1,3 miliar pada akhir tahun ini,” demikian temuan laporan tersebut. “Istanbul menduduki puncak daftar jumlah kedatangan internasional pada 2023 dengan pertumbuhan 26 persen tahun-ke-tahun.”

Banyak alasan untuk traveling ke Istanbul, dari matahari yang memancarkan cahaya emas, Hagia Sophia yang menakjubkan, sampai Grand Bazaar yang berusia lebih dari 500 tahun.

Di urutan kedua setelah Istanbul adalah London. Kedatangan internasional di kota itu naik 17 persen menjadi 18,8 juta orang. Dubai berada di posisi ketiga dengan 16,8 juta jiwa. Di posisi keempat ada kota Antalya di tepi pantai Turki, diikuti oleh Paris di posisi kelima.

Wisatawan Cina

Mengutip Tempo, laporan tersebut mencatat bahwa sebagian besar pemulihan wisatawan global pada 2023 disebabkan oleh kembalinya perjalanan internasional Cina setelah negara tersebut mencabut karantinanya. Kedatangan wisatawan internasional juga meningkat secara besar-besaran di Hong Kong, dengan peningkatan sebesar 2.495 persen pada 2023.

Pada 2024 mungkin menjadi tahun yang lebih besar dari sebelumnya untuk perjalanan ke Istanbul dan seluruh negara. Pada Januari, Turki melonggarkan persyaratan visa bagi warga Amerika Utara, termasuk warga Kanada dan Amerika Serikat, yang memungkinkan mereka melakukan perjalanan bebas visa hingga 90 hari.

“Orang Amerika yang berlibur di Turki tidak lagi memerlukan visa untuk mengunjungi salah satu tujuan perjalanan luar negeri favorit Amerika,” demikian menurut keterangan Go Turkiye sebelumnya. “Tahun 2023 adalah tahun terbaik bagi pariwisata Amerika ke Turki, dan dengan tanpa persyaratan visa, tahun 2024 diperkirakan akan menjadi lebih besar.”

Satu-satunya kekurangannya Istanbul adalah wisatawan harus melakukan reservasi ke semua tempat yang wajib dikunjungi lebih awal atau mengantre lebih lama.

Leave A Reply

Your email address will not be published.