Ini Alasan Tamu Hotel Memiliki Jadwal Check In Pukul 14.00 dan Check Out Pukul 12.00

0

ihgma.com –  Aktivitas check in dan check out bagi para tamu hotel merupakan hal yang biasa. Hampir setiap hotel di Indonesia memiliki jadwal check in pukul 14.00 WIB, sedangkan untuk check out pukul 12.00 WIB.  Namun, tidakkah kamu penasaran kenapa jadwal tersebut berbeda hingga dua jam dan kenapa tidak dibuat sama?

Bagi yang belum mengetahui alasannya, Kompas.com akan memberikan penjelasan mengenai hal tersebut, dikutip Bali Tribun dari USA Today, Senin (10/1/2022).

Alasan mengapa ada perbedaan waktu adalah agar para petugas kebersihan memiliki waktu yang cukup untuk membereskan kamar sebelum digunakan orang lain. Jadi saat check out pada pukul 12.00 WIB dan nantinya akan ada tamu lagi yang masuk dan memakai kamar pukul 14.00 WIB, petugas bisa bersih-bersih secara maksimal.

Dua jam merupakan waktu yang cukup untuk membersihkan kamar, mengganti segala sesuatu yang perlu diganti, seperti handuk hingga seprai.  Hal serupa juga dijelaskan Marketing Communications Manager Artotel Yogyakarta Sankar Adityas bahwa itu sudah menjadi standard hotel mana pun.

House keeping
Ilustrasi house keeping

 

“Jelas waktu ini diberikan untuk petugas housekeeping untuk membersihkan dan menyiapkan ruangan untuk tamu kedatangan berikutnya,” ungkap Sankar Adityas.

Martha W Thomas yang bekerja sebagai Marketing communication Manager di Jambuluwuk Hotels and Resorts juga mengungkapkan hal sama.

“Kegiatan bersih-bersih kamar hotel dimulai dengan berakhirnya pukul 12 siang lewat 1 detik itu,” ucap Martha W Thomas.

Menurut Martha W Thomas, adanya jadwal check in dan check out yang dibatasi itu untuk menghitung satuan room night dan digunakan untuk mengetahui performa hotel per harinya.

“Waktu check out pada jam 12.00 WIB dibatasi demi menjaga kualitas dan standarisasi kamar tersebut,” katanya.

Hal itu, sambung dia, ditujukan agar dalam waktu sekitar dua jam, petugas bisa membersihkan dan merapikan semuanya dan kamar siap untuk dijual kembali ke tamu lain. Lebih lanjut soal peraturan check in lebih awal dan check out lebih akhir juga dijelaskan oleh Martha W Thomas.

Ilustrasi house keeping
Ilustrasi house keeping (Pinterest)

 

Apabila ada tamu yang menginginkan hal tersebut, masuk dan keluar hotel tanpa sesuai peraturan atau jadwal yang berlaku, mereka harus membayar lebih.

“Boleh dengan request di awal atau information saat reservasi atau ke front office saat mau late check out dan membayar biaya sesuai Untuk di Jambuluwuk Hotels and Resorts jika ada tamu yang check out lebih lama hingga lebih dari empat jam lamanya, mereka diharuskan membayar penuh satu kamar.  Sedangkan untuk check in lebih awal sebelum jam 11.00 WIB, akan dikenakan biaya penuh. Dan untuk check in sesudah jam 11.00 dikenai biaya sekitar Rp 200.000,” ungkap Martha.

Berbeda lagi untuk biaya check in awal dan check out lebih lambat. Di Artotel, biayanya yang dikenakan sama yakni 50 persen dari harga kamar.

Dari penjelasan di atas diketahui bahwa setiap hotel memiliki peraturan yang berbeda satu dengan lainnya. Agar tak terjadi kesalahpahaman mengenai check in dan check out, tamu sebaiknya harus bertanya dulu ke pihak hotel tempat menginap.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.