Gegara Omicron, Thailand Kembali Terapkan Karantina

0

ihgma.com – Thailand akan mewajibkan kembali karantina bagi wisatawan asing karena kekhawatiran penyebaran Omicron. Kementerian Kesehatan melaporkan kasus pertama penularan lokal varian Omicron di negara tersebut.

Dilansir Industry dari laman Times of India, mengacu pada hal ini, Menteri Anutin Charnvirakul menyatakan bahwa Kementerian Kesehatan Masyarakat kemungkinan akan menerapkan kembali karantina hotel dan program ‘sandbox’, yang memungkinkan pergerakan bebas orang di lokasi tertentu dan akan mengusulkan penghapusan pengabaian karantina untuk pengunjung yang divaksinasi.

Anutin juga menambahkan bahwa langkah-langkah ini didorong oleh kekhawatiran atas penyebaran Omicron.

Pernyataan Menteri datang tepat setelah Thailand dibuka kembali untuk pengunjung asing pada November, setelah mengakhiri hampir 18 bulan kebijakan masuk yang ketat yang menyebabkan runtuhnya pariwisata negara itu. Kini, industri utama dan penggerak ekonomi yang bertanggung jawab untuk memikat sekitar 40 juta pengunjung pada tahun 2019.

Mengacu pada kasus Omicron aktif di Thailand, Anutin menambahkan bahwa negara itu telah mendeteksi 63 orang yang terinfeksi varian Omicron, dengan satu kasus transmisi lokal, sementara sisanya adalah kasus impor.

Seorang pejabat Kementerian Kesehatan menginformasikan bahwa kasus pertama yang ditularkan secara lokal ditemukan pada seorang wanita Thailand yang dites positif ke Omicron setelah tertular virus dari suaminya yang kembali ke Thailand dari Nigeria pada akhir November.

Pejabat itu menambahkan bahwa kemungkinan adalah kasus Omicron pertama di Thailand yang tertular virus dari seorang wisatawan dari luar negeri, dan kasus pertama yang ditularkan secara lokal.

Leave A Reply

Your email address will not be published.