Dikenal sebagai Destinasi Mahal, Jenewa Berikan Transportasi Publik Gratis untuk Wisatawan

0

ihgma.com, Jakarta – Jenewa, ibu kota Swiss, dikenal sebagai salah satu kota termahal untuk liburan di Eropa. Namun, kota cantik ini memanjakan wisatawan dengan memberikan fasilitas transportasi umum gratis. Wisatawan bisa memilih menggunakan transportasi publik mulai dari kereta api, bus, sampai dengan kapal.

Dilansir Tempo dari Express.co.uk, Selasa, 5 Februari 2024, fasilitas transportasi umum gratis ini bisa didapat ketika wisatawan menginap di akomodasi yang sudah disetujui oleh pemerintah kota, Geneva Tourism & Congress. Kartu itu bisa didapat dengan menghubungi akomodasi, lalu wisatawan akan menerima formulir tiga hari sebelum kedatangan di Jenewa. Setelah mengisi formulir, mereka akan segera menerima Geneva Transport Card versi digital gratis.

Skema transportasi gratis ini juga terbuka untuk semua orang dalam kelompok perjalanan. Nantinya, pemimpin rombongan akan menerima formulir untuk digunakan oleh wisatawan lain.

Tiket gratis ini sudah bisa digunakan begitu wisatawan tiba di bandara. Di Geneve Aeroport (GVA),  wisatawan bisa mendapat tiket kereta api gratis selama 80 menit dari mesin penjual otomatis Transports publics genevois (TPG) pengambilan bagasi. Perjalanan ke stasiun kereta api di pusat kota Jenewa akan memakan waktu sekitar 5-10 menit.

Naik taksi air keliling danau

Perahu angkutan umum Jenewa termasuk dalam skema ini. Perahu kecil berwarna kuning, yang dikenal sebagai taksi air atau Les Mouettes, mengangkut penduduk setempat dan wisatawan mengelilingi danau ikon kota, Rive Droite hingga Rive Gauche, dan berhenti di empat pelabuhan. Taksi ini berangkat setiap 10 menit.

Les Mouettes dapat menampung sekitar 60 orang dan wisatawan dapat memilih untuk duduk di luar saat musim panas untuk menikmati pemandangan kota yang menakjubkan. Bagi yang tidak punya Geneva Transport Card, wisatawan harus bayar antara USD 2 atau sekitar Rp31 ribu hingga USD 3 atau sekitar Rp47 ribu.

Jalan kaki lebih asyik

Transportasi umum gratis di Jenewa dapat menghemat uang saat berlibur di salah satu kota termahal di Eropa. Namun, cara terbaik untuk menjelajah kota ini dengan berjalan kaki karena Jenewa adalah kota yang sangat nyaman bagi pedestrian. Kota ini berukuran 16 kilometer persegi dan mudah dinavigasi.

Namun perlu diingat bahwa perjalanan melintasi Sungai Rhone untuk mencapai tempat-tempat wisata yang tidak dekat dengan hotel memerlukan penggunaan transportasi umum atau moda transportasi lain seperti taksi. Sayangnya untuk taksi, wisatawan harus membayar sendiri.

Leave A Reply

Your email address will not be published.