Di Pacitan, Jawa Timur, Ada Gua Terindah se-Asia Tenggara

0

ihgma.com – Keindahan alam di Indonesia memang sangat luar biasa. Tidak ada akan ada habisnya membicarakannya, mulai dari pantai, gunung, air terjun hingga gua.

Bahkan salah satu kota di Jawa Timur, disebut sebagai Kota Seribu Gua. Kota itu adalah Pacitan. Ketika kamu berada di sana, kamu akan banyak menemukan gua sebagai objek wisata andalan di sana.

Salah satunya adalah Goa Gong. Gua yang berada di Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, ini berjarak 37 km dari pusat Kota Pacitan.

Jika ingin berkunjung ke sini, para pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi. Namun, harus berhati-hati karena jalan menuju guanya berkelok tajam dan memiliki jurang.

Ilustrasi Goa Gong di Pacitan. Foto: haryanta.p/Shutterstock
Ilustrasi Goa Gong di Pacitan. Foto: haryanta.p/Shutterstock

Tapi, sesampainya di sana tentu kamu akan dimanjakan dengan pemandangan indah dari gua tersebut. Gua yang diklaim sebagai gua terindah di Asia Tenggara ini membuktikan jika keindahan alam Indonesia sangat luar biasa.

Saat masuk ke Goa Gong, para pengunjung akan disambut dengan stalaktit dan stalakmit yang indah, ditambah dengan penerangan warna-warni yang tentunya akan membantu para pengunjung menyusuri gua yang memiliki panjang 256 meter ini.

Di ujung dari Goa Gong, ada sebuah ruangan yang berbentuk kubah sepanjang 100 meter dengan lebar 15-40 meter, dan tinggi 10-30 meter. Ini menjadi salah satu alasan kenapa gua ini menjadi gua terindah se-Asia Tenggara.

Stalaktit dan stalakmit menghiasi seluruh gua, bahkan ada yang diberi nama seperti Selo Jengger Bumi, Selo Pakuan Bomo, Selo Bantaran Angin, Selo Citro Cipto Agung, Selo Adi Citro Buwono, dan masih banyak lagi.

Ilustrasi Goa Gong di Pacitan. Foto: monodays/Shutterstock
Ilustrasi Goa Gong di Pacitan. Foto: monodays/Shutterstock

Untuk menyusuri seluruh gua ini, akan memakan waktu 2 jam. Tapi, semua kelelahan itu akan terbayarkan dengan keindahan yang disajikan oleh Goa Gong.

Goa Gong memiliki ruangan-ruangan yang bisa dikunjungi oleh para pengunjung selama berkunjung di sana, seperti Ruang Sendang Bidadari, Ruang Bidadari, Ruang Kristal dan Marmer, Ruang Pertapaan, dan Ruang Batu Gong.

Bukan hanya menyajikan keindahan stalakmit dan stalaktit, menurut masyarakat setempat di sana terdapat mata air atau sendang yang berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit untuk mereka yang mempercayainya seperti dilansir Kumparan.

Mata air di sana terdiri dari beberapa, seperti Sendang Jampi Rogo, Sendang Panguripan, Sendang Relung Jiwo, Sendang Kamulyan, dan Sendang Relung Nisto.

Leave A Reply

Your email address will not be published.