Daya Tarik Malawi yang Baru Menerapkan Bebas Visa untuk 79 Negara

0

ihgma.com, Jakarta – Malawi menerapkan bebas visa untuk 79 negara baru-baru ini. Bagi negara yang terletak di Afrika Timur ini, pariwsata menjadi kontributor penting untuk sektor perekonomian. Dengan penerapan bebas visa diharapkan mengundang banyak wisatawan yang tertarik mengunjungi Malawi.

Presiden Malawi, Lazarus Chakwera mengumumkan pembebasan visa saat berbicara di Parlemen, 9 Februari 2024 lalu. Izin masuk bebas visa itu diberikan kepada 97 negara. Termasuk Inggris, Prancis, Cina, Amerika Serikat, Rusia dan anggota komunitas regional blok Southern African Development Community (SADC) seperti dikutip dari berita Tempo.

Pariwisata menduduki peringkat ketiga sumber pendapatan asing terbesar bagi negara ini, setelah industri tembakau dan teh. Selain itu juga mendukung sejumlah besar penduduk lokal Malawi melalui lapangan kerja dan proyek komunitas, serta membantu melestarikan kekayaan alam negara tersebut.

Namun menurut menteri Pariwisata Malawi, Kamtukule, persyaratan visa yang ketat menghambat potensi masuknya wisatawan. Selain menarik wisatawan, pemerintah juga ingin menarik investasi di bidang pertanian, pariwisata dan pertambangan

Atraksi wisata Malawi

Malawi menawarkan beragam atraksi wisata yang lengkap. Kaya akan keanekaragaman flora dan fauna dengan sembulan Taman Nasional dan Suaka Margasatwa.

Saat mengunjungi Malawi jangan lewatkan petulangan safari yang mendebarkan. Di mana Anda bisa mengamati gajah, berbagai spesies burung dan singa langsung, menggunakan kendaraan, perahu atau berjalan kaki.

Salah satunya di Taman Nasional Liwonde yang sudah dilengkapi dengan akomodasi terbaik. Pilihan lainnya adalah Taman Nasional Nyika yang menawarkan pemandangan satwa liar yang unik di dataran tinggi padang rumputnya. Nyika dilengkapi dengan Suaka Margasatwa Vwaza Marsh di dekatnya, yaitu kawasan dataran rendah yang menawarkan pengalaman permainan semak yang lebih tradisional.

Atraksi menarik lainnya tentu saja Danau Malawi, danau air tawar terbesar ketiga di Afrika dan Situs Warisan Dunia UNESCO. Dikutip dari laman UNESCO, danau ini memiliki kepentingan global bagik onservasi keanekaragaman hayati terutama karena keanekaragaman ikannya.

Terletak di Western Rift Valley, Danau Malawi adalah salah satu danau terdalam di dunia. Danau ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa dengan lanskap terjal di sekitarnya yang kontras dengan air danau yang sangat jernih. Ratusan ikan cihild atau mbuna hidup di dalamnya.

Selain itu, wisatawan juga dapat menjelajahi perairan dengan perahu kayak dan kano. Beberapa penginapan memiliki perahu layar kecil untuk keperluan pribadi atau yang lebih besar untuk pelayaran santai.  Air Danau Malawi yang jernih menjadikannya lokasi yang ideal untuk snorkeling.

Leave A Reply

Your email address will not be published.