Dana Kepariwisataan Ditargetkan Beroperasi pada Pertengahan 2024

0

ihgma.com –  Dana kepariwisataan atau tourism fund ditargetkan dapat beroperasi pada pertengahan 2024.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan bahwa gagasan dana pariwisata itu sudah disetujui dalam rapat terbatas di Istana Kepresidenan.

“Indonesia Tourism Fund ratasnya sudah memberikan persetujuan, Pak Erick Thohir Menko Marves ad Interim (Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi) menyampaikan harapan bahwa akhir tahun atau awal tahun depan perpresnya (Peraturan Presiden) sudah ditandatangani. Sehingga Tourism Fund bisa beroperasi pertengahan 2024,” kata Sandiaga dalam program The Weekly Brief with Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (4/12/2023).

Ia melanjutkan dana kepariwisataan ini nantinya akan digunakan untuk mendukung pelaksanaan event, termasuk promosi, sehingga dana sudah tersedia lebih dulu.

Foto: Menteri Pariwisata Sandiaga Uno (CNBC Indonesia/Tri Susilo)
Foto: Menteri Pariwisata Sandiaga Uno (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Termasuk salah satunya perhelatan tahunan seperti MotoGP.

“Jadi tidak last minute (mendekati waktu pelaksanaan) kita siapkan. Tapi sudah tersedia pendanaannya melalui tourism fund,” katanya.

Sebagai informasi, dana kepariwisataan muncul atas arahan Presiden Joko Widodo guna mendukung pariwisata berkualitas dan berkelanjutan, dana tersebut akan dibentuk dengan pendekatan tata kelola yang berfokus terhadap pariwisata hijau, serta pariwisata berkelanjutan yang mengutamakan kekuatan budaya Indonesia.

Pada kesempatan lainnya, Sandiaga menyebutkan bahwa dana kepariwisataan akan dikelola oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan.

Saat rapat terbatas yang digelar pada Senin (4/12/2023), Sandi mengatakan bahwa target dana untuk tahun pertama yakni sekitar Rp 2 triliun.

“Juga dibicarakan target untuk tahun pertama sekitar Rp 2 triliun dana yang dikelola dan nanti dari hasilnya ini akan mendukung event-event, baik nasional, internasional,” katanya, seperti dikutip dari Kompas.com.

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.