Bandung Masuk 10 Kota dengan Makanan Terbaik di Dunia versi TasteAtlas

0

ihgma.com, Jakarta – Kota-kota di dunia dipenuhi dengan makanan lezat yang dijajakan di kios kaki lima hingga restoran bintang Michelin. Tapi, tahukah mana kota yang memiliki makanan paling lezat? TasteAtlas membuat daftarnya, dan di daftar itu, Bandung masuk 10 besar dalam 100 Best Food Cities in The World yang dirilis pekan lalu.

Ibu Kota Jawa Barat itu bersaing dengan kota-kota seperti Roma, Bologna, Naples yang berada di Italia; Vienna, Tokyo, Osaka, Hong Kong, Turin, dan Gazieantep. Bandung mengalahkan kota-kota yang sudah terkenal akan wisata kulinernya seperti Beijing, Paris, dan Bangkok.

Tujuh kota lain di Indonesia juga masuk dalam daftar ini, yakni Jakarta yang berada di urutan 11, Surabaya di urutan ke-16, Padang urutan ke-42, dan Malang ke-49. Selain itu ada Yogyakarta di peringkat ke-58,Seminyak urutan ke-67, dan Ubud di posisi ke-86.

Makanan populer di Bandung
Ilustrasi hidangan Batagor. Foto : Cookpad
Ilustrasi hidangan Batagor. Foto : Cookpad

Menurut platform yang menilai hidangan tradisional dan restoran autentik di dunia itu, Bandung terkenal dengan makanan seperti batagor yang berupa pangsit dan tahu goreng dengan bumbu kacang; mi kocok yang berupa sup armatik berisi irisan daging sapi, jeroan sapi, atau bakso dengan mie kuning pipih dan ayuran; dan kupat tahu yang berisi irisan ketupat dan tahu dengan saus kacang. Ada juga soto Bandung, nasi kuning, cireng, dan somay yang populer sebagai makanan dari kota ini.

TasteAtlas juga mencatat beberapa tempat populer untuk menikmati makanan tradisional, seperti Warung Nasi Ibu Imas yang terkenal dengan karedoknya.

“Sambal dan Karedok menjadi ciri khasnya di sini. Cukup melihat foto sambalnya saja, orang pasti langsung teringat warung makan Bu Imas. Sensasi uniknya adalah kerenyahan Karedok yang bisa dirasakan di setiap gigitannya,” tulis David Handoko di Taste Atlas seperti dikutip dari Tempo.

Ada pula Batagor Yunus, tempat menikmati batagor yang terkenal di kota ini. “Rahasia rasa autentiknya ada pada bumbu kacangnya yang hadir dalam dua variasi: pedas dan biasa,” kata Evi Sri Rezeki yang menulis di TasteAtlas.

Tempat kulineran autentik lain di Bandung adalah Serabi Kinca Suji, Armor Kopi yang terkenal dengan cirengnya, Lemper Purnama, dan Baso Tahu Mang Ade yang konon memiliki somay paling enak.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.