Bak Maldives! Resor Mewah Ramah Lingkungan Segera Hadir di Labuan Bajo

0

ihgma.com – Jaringan hotel Marriott International secara resmi mengumumkan properti terbarunya di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Terletak di kawasan Pantai Wae Rana, TA’AKTANA, a Luxury Collection Resort & Spa, Labuan Bajo, resor mewah baru ini segera hadir untuk menawarkan pengalaman menginap baru buat traveler.

Selain berbalut kemewahan, resor ini terinspirasi dari budaya lokal setempat yang menggabungkan warisan budaya Suku Bajo yang unik.

General Manager TA’AKTANA, Sabreena Jacob, mengatakan resor ini memadukan elemen modern dengan daya tarik lokal yang otentik, menawarkan pengalaman yang mendalam bagi tamu.

“Kami sangat senang memperkenalkan TA’AKTANA, permata di mahkota portofolio hotel The Luxury Collection, menawarkan akses ke destinasi tersembunyi Labuan Bajo. Resor ini mencerminkan komitmen kami untuk menyediakan pengalaman mewah tak tertandingi, menggabungkan keindahan alam, dan kemewahan yang menjadi ciri khas The Lucury Collection,” ungkap Sabreena  di acara Press Preview TA’AKTANA Labuan Bajo yang digelar di Hotel St. Regis Jakarta, belum lama ini seperti dikutip dari Kumparan.

Peter-Paul Kleiss - Director of Operations, Sabreena Jacob - General Manager, Made Parwati - Director of Sales & Marketing. foto: Ist
Peter-Paul Kleiss – Director of Operations, Sabreena Jacob – General Manager, Made Parwati – Director of Sales & Marketing. foto: Ist

Terinspirasi dari ladang Lingko, sebuah lahan pertanian yang hanya ditemukan di Flores yang berbentuk seperti jaring laba-laba, resor ini memiliki teras yang saling terhubung antara satu sama lain.

Tak hanya itu, area resor juga terinspirasi oleh geometri sawah padi yang melambangkan budaya di Labuan Bajo.

Selain keunikan itu, TA’AKTANA dirancang untuk memberikan kenyamanan bagi para tamu. Hal ini dikarenakan resor ini memiliki beberapa pilihan tipe kamar, seperti landed villa (villa di daratan), dan juga sea villa (villa di atas laut) yang dilengkapi dengan beragam fasilitas mewah.

“Kami memiliki 70 akomodasi yang benar-benar mewah, tujuh vila di atas air. Kami memiliki tipe kamar yang dimulai dari junior suites, kami juga punya one bedroom villa, three bedroom villa dengan dua kamar tidur dan tipe lainnya,” ujar Sabreena.

Ta'aktana Labuan Bajo. Foto: Ta'aktana
Ta’aktana Labuan Bajo. Foto: Ta’aktana

Enggak hanya itu, TA’AKTANA juga memiliki deretan fasilitas lainnya, seperti restoran yang menghadirkan masakan khas Indonesia, hingga kolam renang.

“Kami juga memiliki fasilitas untuk rekreasi, termasuk kolam renang ukuran olimpiade sepanjang 50 meter, spa, dan fasilitas lainnya di sekitar pantai kami,” lanjutnya.

Resor yang Ramah Lingkungan

Sebagai bagian dari komitmen ini, TA’AKTANA mengadopsi tradisi unik dari kehidupan masa lalu Labuan Bajo. Pada saat listrik belum tersedia, penduduk setempat menerangi rumah dan lingkungannya dengan lentera atau lilin.

Suasana kamar dengan ruang tamu di Ta'aktana Labuan Bajo. Foto: Ta'aktana
Suasana kamar dengan ruang tamu di Ta’aktana Labuan Bajo. Foto: Ta’aktana

Sebagai tanda penghormatan pada kehidupan historis ini, TA’AKTANA menyediakan lentera di setiap kamar untuk digunakan saat berjalan-jalan di sekitar properti. Sentuhan ini menciptakan pengalaman unik dan mendalam, menghubungkan tamu dengan warisan budaya yang kaya di Labuan Bajo.

Dalam komitmennya terhadap keberlanjutan lingkungan, TA’AKTANA mengambil sikap proaktif dengan terlibat dalam berbagai inisiatif yang berkontribusi pada kesejahteraan ekosistem.

Secara khusus, resor ini aktif berpartisipasi dalam kegiatan Pembersihan Pantai di Pantai Wae Rana Labuan Bajo, di mana mereka berkolaborasi dengan inisiasi #BersihBajo untuk membersihkan dan melestarikan lingkungan pesisir.

Jembatan penghubung Ta'aktana Labuan Bajo. Foto: Ta'aktana
Jembatan penghubung Ta’aktana Labuan Bajo. Foto: Ta’aktana

Lebih jauh lagi, resor ini telah mengambil langkah-langkah signifikan untuk meminimalkan jejak lingkungannya dengan mengurangi penggunaan botol plastik. Hal ini dimulai dengan penggunaan air mineral botol kaca.

Demi menunjukkan komitmennya terhadap prinsip daur ulang, pengurangan, dan penggunaan kembali, TA’AKTANA juga memiliki bottling plant milik mereka sendiri. Inisiatif ini tidak hanya memperlihatkan dedikasi resor terhadap praktik ramah lingkungan, tetapi juga menegaskan pendekatannya yang bertanggung jawab terhadap pengurangan limbah.

Selain itu, resor secara kreatif menggunakan kain batik bekas yang tidak terpakai, mengubahnya menjadi serbet meja yang elegan. Kain batik bekas dari seragam staf menjadi ikat rambut yang menawan, diberikan sebagai suvenir kepada para tamu TA’AKTANA.

Melalui langkah-langkah inovatif ini, TA’AKTANA menyelaraskan kehadiran mereka dengan gaya hidup berkelanjutan, menekankan kerja sama harmonis dengan lingkungan alamnya. Integrasi teknologi untuk efisiensi energi secara lebih lanjut juga memperkuat komitmen resor, untuk melestarikan keindahan alam di lingkungannya.

Dengan menerapkan prinsip-prinsip ini, TA’AKTANA tidak hanya memastikan pengalaman mewah dan berkesan bagi tamu-tamunya, tetapi juga secara aktif berkontribusi pada kesejahteraan dan pelestarian warisan kaya Labuan Bajo dan lingkungan alamnya, juga keberlanjutan bisnis kecil lokal di seluruh Indonesia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.