Alasan Sebaiknya Traveler Tak Gunakan Wi-Fi Gratis saat Menginap di Hotel

0

ihgma.com, Saat menginap di hotel, biasanya traveler akan menggunakan Wi-Fi hotel yang disediakan gratis untuk berselancar di dunia maya. Meski menawarkan koneksi yang ngebut, nyatanya ada alasan kenapa sebaiknya kamu tidak menggunakan Wi-Fi gratis saat menginap di hotel, lho. Ini alasannya.

Dilansir  Kumparan dari The Sun, alasannya adalah ada banyak risiko keamanan yang menghantuimu saat menggunakan layanan Wi-Fi gratis di hotel.

Hal itu dikarenakan Wi-Fi yang kita gunakan ternyata mengancam keamanan data pribadimu yang membuat datamu rawan dicuri. Bukan hanya itu, perilaku kita dalam berselancar bisa terbaca pemilih Wi-Fi tersebut. Pada akhirnya tidak ada lagi privacy dalam hidup kita.

Itu dikarenakan layanan Wi-Fi gratis yang kamu dapatkan di hotel ternyata tidak seratus persen aman dan dapat mudah diretas.

lustrasi sosial media.
Ilustrasi sosial media. Foto: Shutter Stock

 

Karena biasaya sebelum menggunakan Wi-Fi tersebut biasanya kamu diwajibkan memasukan data-data pribadi seperti nama, nomor telepon hingga e-mail. Data-data pribadimu ini akan tersimpan di situs tersebut dan rawan dicuri orang lain.

Bahkan, ngerinya lagi, jika kamu mencoba menggunakan akun perbankan atau membeli sesuatu lewat online, peretas bisa saja mencuri data-data penting pribadimu.

Lalu, bagaimana caranya untuk menggunakan Wi-Fi dengan aman?

Cara Gunakan Layanan Wi-Fi yang Aman saat Menginap

Caranya adalah kamu bisa menghindari membuka webiste atau sosial media yang mengharuskanmu untuk login terlebih dahulu. Sebab, peretas dapat mendapatkan datamu dari sosial media pribadimu.

Selain itu, kamu juga bisa menunda terlebih dahulu untuk melakukan transaksi di internet seperti membuka akun perbankan atau berbelanja online.

Jika memang kamu tetap ingin menggunakan layanan Wi-Fi tersebut, kamu bisa menggunakan virtual private network (VPN) yang mengeprisi semua data pentingmu saat menggunakan Wi-Fi.

Setelah kamu membuka VPN kamu tinggal menyambungkan WiFi hotel yang kamu gunakan seperti biasa. Setelah VPN aktif, kamu bisa menggunakan Wi-Fi tersebut tanpa khawatir peretas mengakses informasi pribadimu.

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.