Ada Kapal Gratis Lihat Komodo, Beroperasi 2 Kali Sepekan

0

ihgma.com, Jakarta – Traveler mau lihat komodo tapi bujetnya terbatas? Kini ada kapal wisata gratis di perairan Labuan Bajo.

Reptil liar komodo di Taman Nasional (TN) Komodo menjadi salah satu daya tarik utama wisatawan berkunjung ke Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hanya saja, tak semua orang bisa melihat langsung komodo di sana. Salah satu sebabnya, biaya transportasi yang relatif mahal. Wisatawan biasanya menggunakan pinisi dan speed boat untuk berkunjung ke TN Komodo.

Namun, bagi wisatawan yang kesulitan biaya, tak perlu khawatir. Ada kapal gratis ke Pulau Rinca, meski tak beroperasi tiap hari. Untuk diketahui, habitat terbanyak kadal raksasa di TN Komodo berada di Loh Buaya, Pulau Rinca dan Loh Liang, Pulau Komodo.

Mengunjungi Pulau Rinca, wisatawan bisa menumpang dengan cuma-cuma KM Gandha Nusantara 20 dari Labuan Bajo. Kapal ini dioperasikan oleh PT Pelni.

Kepala PT Pelni Cabang Labuan Bajo, Fitriyaningsih, mengatakan kapal ini beroperasi dua kali sepekan. “Sabtu sama Senin saja,” ujar Fitri seperti dikutip dari Detik Travel, Senin (26/6/2023).

Tiap kali beroperasi, kapal itu berlayar dua kali pergi pulang. Berangkat pukul 04.00 Wita dan pulang pukul 07.00 Wita. Kapal itu kembali berangkat pada pukul 13.00 Wita dan pulang pukul 16.00 Wita.

Fitri mengatakan KM Gandha Nusantara 20 memiliki kapasitas 66 orang.

“Untuk kursi di ruang penumpang 56 orang dan yang di belakang anjungan ada 10 orang,” ujar Fitri.

Dia tak bisa mengungkapkan alasan PT Pelni mengoperasikan kapal gratis itu ke Pulau Rinca. Keputusan itu ada di tangan pemerintah dan pihaknya hanya sebagai operator.

Leave A Reply

Your email address will not be published.