7 Pantai Buatan yang Populer di Dunia, dari Pulau Sentosa Singapura hingga Streets Beach Australia

0

ihgma.com, Jakarta – Tingginya minat turis untuk berwisata ke pantai membuat munculnya pantai-pantai buatan di dunia. Pantai ini sering kali dibangun bersama dengan pulaunya. Karena ini buatan, pembuatnya pun bisa menciptakan bentuk-bentuk yang unik.

Beberapa pantai buatan ini telah menjadi destinasi wisata populer di dunia. Dari Pulau Sentosa Singapura hingga Artificial Beach di Maladewa, Mengutip dari Tempo inilah daftar pantai buatan manusia.

1. Pulau Sentosa, Singapura

Berlibur ke Singapura tak olengkap rasanya jika tak mengunjungi Pulau Sentosa. Mencakup lahan seluas 1.235 hektar, Pulau Sentosa adalah resor besar yang dibangun oleh manusia. Di sepanjang pantai selatannya, terdapat tiga pantai terlindung, membentang lebih dari satu mil dan menampilkan pasir yang diimpor dari Indonesia dan Malaysia. Pulau Sentosa juga menjadi rumah bagi atraksi unggulan Singapura, seperti Resorts World Sentosa, Universal Studios Singapore, dan berbagai pilihan hiburan lainnya.

2. Palm Jumeirah, Dubai

Palm Jumeirah di Dubai dianggap batas keajaiban arsitektur dan membuat hal yang mustahil menjadi mungkin. Pulau buatan ini berbentuk seperti pohon palem, memiliki resor mewah dan vila pribadi dengan akses langsung ke pantai buatan yang menakjubkan.

3. Pantai Larvotto, Monako

Ini adalah satu-satunya pantai umum di Monaco dan berlokasi strategis hanya dengan berjalan kaki singkat dari Monte Carlo. Pantai Larvotto diciptakan untuk menyempurnakan tepi laut kota yang sudah ada. Pantainya, yang dihiasi dengan restoran, toko, dan kafe yang ramai, memiliki pasir buatan. Pasirnya agak kasar dan berkerikil, jadi pengunjung lebih suka mengenakan sepatu saat ke sana. Pantai ini memiliki fasilitas taman bermain, jalur bersepeda, dan permainan trampolin.

4. Sunny Beach, Shanghai, Cina

Ini adalah satu-satunya pantai di pusat kota Shanghai. Pantai perkotaan yang terletak di sepanjang sisi South Bund Sungai Huangpu di Shanghai ini tidak lebih dari pasir dan beberapa lusin kursi santai pada bulan-bulan hangat. Namun, pemandangan indah distrik Pudong Shanghai membuat pantai ini jadiistimewa.

5. Artificial Beach, Maladewa

Maladewa terkenal dengan pantainya yang indah. Para pencari matahari dapat menikmati pasir lembut dan air sebening kristal yang dihiasi dengan bungalow mewah di atas air. Namun, ibu kota Male tidak memiliki pantai alami hingga dibikinlah pantai buatan. Terletak di pesisir timur, pantai buatan ini menjadi tempat favorit untuk menyelenggarakan acara olahraga, parade, karnaval, dan pertunjukan musik live.

6. Diamante Cabo San Lucas, Meksiko

Nikmati perairan biru langit di Crystal Lagoon buatan seluas 10 hektar di klub golf dan resor khusus anggota Diamante Cabo San Lucas. Tempat ini dirancang oleh ahli biokimia Chili untuk menciptakan lingkungan yang aman dan ramah keluarga. Areanya mencakup area pantai pasir putih, cabana pribadi, dan laguna air asin yang bisa jadi tempat berlayar, berenang, main paddleboard, atau berkayak.

7. Streets Beach, Australia

Streets Beach adalah pantai buatan di South Bank Parklands, bekas lokasi World Expo Brisbane 1988. Area pantainya mencakup laguna besar yang dipenuhi air tawar, pantai berpasir, dan tanaman tropis. Sebagai satu-satunya pantai buatan di dalam kota di Australia, airnya didaur ulang secara rutin dan pasirnya dirawat untuk menjaganya tetap bersih.

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.