7 Kota dengan Biaya Hidup dan Makanan Termurah di Indonesia Versi Traveloka, Siapa yang Beruntung Tinggal di Sini?

0

ihgma.com, Jogyakarta –  Biaya hidup menjadi salah satu pertimbangan ketika memutuskan untuk tinggal di suatu daerah.

Seperti ketika akan pindah ke kota lain untuk tujuan kuliah atau meniti karir, ketika memilih untuk pindah dan memulai hidup baru di suatu wilayah tentu saja ada plus minusnya.

Bagi kamu yang punya rencana untuk pindah, ada beberapa kota yang cukup terkenal dengan biaya hidup dan harga makanan yang murah.

Berikut daftar kota dengan biaya hidup dan makanan termurah di Indonesia menurut Traveloka seperti dikutip AyoJakarta.com dari laman resmi pada Senin, 19 Februari 2024.

1. Yogyakarta

Selain terkenal dengan kota pelajar dan wisata alam dan budayanya, Yogyakarta juga terkenal memiliki tarif biaya hidup yang termasuk murah.

Kamu bisa menemukan harga sewa kos-kosan seharga Rp350 ribu di kota ini. Bukan hanya tempat tinggalnya saja, harga makanannya juga masih sangat terjangkau, mulai harga Rp5 ribuan saja sudah bisa makan.

Dalam sebulan hidup di Yogyakarta masih cukup dengan mengandalkan uang Rp1-1,5 juta saja tergantung kebutuhan.

Apalagi ada banyak perguruan tinggi favorit seperti UGM, UNY, UIN, ISI, dan lainnya sehingga banyak diburu sebagai tempat mengenyam pendidikan.

2. Solo
Kota Solo terkenal dengan kuliner yang murah, bahkan ada yang bilang makanan di Solo lebih murah dibanding di Yogyakarta.

Biaya hidup seperti makan, transportasi, dan hiburan masing sangat terjangkau dengan uang Rp1-1,5 juta saja masih bisa hidup nyaman di kota ini.

3. Klaten

Klaten terkenal dengan wisata candi-candi yang bisa dinikmati keindahannya, tapi yang tidak kalah menariknya ternyata biaya hidup di kota ini juga sangat terjangkau.

Jika kamu beruntung akan bisa menemukan soto dengan harga hanya Rp1.000 saja. Kota ini sering dijadikan pilihan tempat tinggal pensiun dan hidup slow living.

4. Magelang

Biaya hidup di Magelang masih relatif murah, dengan rata-rata kos atau tempat tinggal Rp350 hingga Rp450 tergantung lokasi.

Bukan itu saja, masih banyak juga tempat makan dengan harga terjangkau di kota ini sehingga cocok dijadikan tempat tinggal pensiun atau destinasi berlibur karena banyak tempat wisata.

5. Cirebon

Salah satu kota di Jawa Barat ini juga termasuk kota dengan biaya hidup yang murah di Indonesia.

Tinggal di kota ini hanya membutuhkan budget sekitar Rp1,5-2 juta masih bisa hidup nyaman.

6. Purwokerto

Sekilas suasana Kota Purwokerto agak mirip dengan Kota Yogyakarta, apalagi di Purwokerto banyak perguruan tinggi seperti UNSOED, UMP, dan kampus lainnya.

Di kota ini banyak cafe-cafe yang bisa dinikmati oleh warga lokal maupun pendatang. Bukan itu saja, harga sewa kos yang terjangkau serta makanan yang murah hanya sekitar Rp8 ribu hingga Rp12 ribu sudah bisa makan kenyang di sini.

7. Banyuwangi

Kota yang terletak di ujung timur Pulau Jawa ini juga terkenal dengan biaya hidupnya yang terjangkau.

Bagi para perantau seperti mahasiswa hanya membutuhkan budget Rp800 ribu sampai Rp1,5 juta sebulan masih bisa hidup nyaman, sangat terjangkau bukan?

Perlu diingat bahwa meskipun biaya hidup di kota-kota di atas termasuk murah, tapi semua itu tergantung masing-masing dalam mengatur keuangan.

Itulah beberapa kota dengan biaya hidup dan makanan termurah di Indonesia versi Traveloka, siapa yang beruntung tinggal di kota ini?

Leave A Reply

Your email address will not be published.