7 Fakta Soju, Minuman Beralkohol Khas Korea

0

ihgma.com, Jakarta – Setiap negara di belahan dunia memiliki minuman alkohol khasnya masing-masing, tak terkecuali Korea. Salah satu negara di kawasan Asia ini memiliki soju, yakni minuman dengan botol pendek dan memiliki warna hijau.

Minuman ini adalah hasil distilasi yang menghasilkan warna bening. mengutip Tempo  dari berbagai sumber, berikut merupakan fakta-fakta menarik soju yang perlu diketahui.

1. Arti di Balik Kata Soju

Soju dalam bahasa Korea memiliki arti minuman keras yang dibakar. Kata so berarti bakar. Sebab, pada saat proses pembuatan, soju menggunakan penyulingan dengan suhu panas tertentu. Lalu, kata ju memiliki arti minuman keras.

2. Bahan Baku Soju

Soju yang masih tradisional biasanya berbahan dasar beras. Namun, produsen soju saat ini banyak memakai bahan tambahan lainnya atau pengganti beras. Bahan pengganti tersebut dapat meliputi jelai, ubi jalar, tapioka, kentang, atau gandum. Kemudian, soju memiliki kadar alkohol yang berbeda-beda dimulai dari 20-45 persen berdasarkan volume.

Seorang pegawai tengah memeriksa kondisi botol di Hite Jinro Co. factory di Icheon, Korea Selatan. Hite Jonru merupakan pabrik terbesar pembuatan minuman berjenis Liquor atau dikenal disana dengan nama Soju, 22 Desember 2014. SeongJoon Cho/Bloomberg via Getty Images.
Seorang pegawai tengah memeriksa kondisi botol di Hite Jinro Co. factory di Icheon, Korea Selatan. Hite Jonru merupakan pabrik terbesar pembuatan minuman berjenis Liquor atau dikenal disana dengan nama Soju, 22 Desember 2014. SeongJoon Cho/Bloomberg via Getty Images.

3. Soju Berawal dari Wilayah Goryeo

Soju mulai diciptakan ketika wilayah Goryeo diperkenalkan tentang teknik penyulingan pada abad ke-14. Dilansir dari Red and White, teknik tersebut dibawa oleh Jenghis Khan, penjelajah Mongol yang membawa keterampilan penyulingan dari Arab. Sejak saat itu, masyarakat Korea menyuling minuman keras dengan biji-bijian yang dimilikinya, yaitu beras.

4. Alasan Soju Menjadi Minuman Populer

Di Korea, soju adalah salah satu minuman beralkohol yang populer. Sebab, minuman ini dapat diminum kapan saja bersama teman atau keluarga. Lalu, soju juga dikenal memiliki rasa yang lembut dan dapat menjadi minuman pendamping untuk berbagai macam makanan. Soju juga memiliki kandungan alkohol yang rendah dan tidak membuat seseorang menjadi terlalu mabuk.

5. Memiliki Kemiripan Rasa dengan Vodka

Pada dasarnya, soju memiliki rasa yang netral dan lembut. Rasa yang dimilikinya dianggap mirip dengan vodka. Vodka yang dimiliki Korea ini memiliki rasa manis dan tidak terlalu keras. Saat ini, banyak soju modern yang menawarkan berbagai rasa buah menyegarkan dan manis dengan sentuhan alkohol.

6. Memiliki Beragam Manfaat Kesehatan

Soju memiliki beragam manfaat, terutama bagi kesehatan. Soju dapat mencegah penyakit jantung, meningkatkan kepercayaan diri, membantu meningkatkan imunitas. Hal tersebut dapat tercapai apabila soju diminum sesuai dengan anjuran dan tidak berlebihan.

7. Cocok Menjadi Pendamping Makanan 

Soju digemari oleh banyak orang karena cocok menjadi pendamping berbagai makanan. Di Korea, soju biasanya dinikmati ketika seseorang sedang menikmati korean barbeque bersama dengan teman-teman. Lalu, minuman ini juga bisa dinikmati ketika seseorang sedang bersantai dan memakan camilannya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.