44 Hotel dan Restoran Akan Meriahkan BHA Sustainable Food Festival 2022

0

ihgma.com, Mangupura – Bali Hotels Association (BHA) akan menggelar BHA  Sustainable Food Festival  kedua, yang pada tahun ini berkolaborasi dengan Bali Restaurant and Café Association (BRCA), dan akan berlangsung mulai hari Jumat, 8 Juli sampai Minggu, 24 Juli 2022 mendatang, di 44 hotel anggota dan restoran yang berpartisipasi.

Merayakan dibukanya Bali untuk wisatawan mancanegara, festival ini memberikan kesempatan bagi hotel dan restoran yang berpartisipasi untuk menampilkan karya inovatif yang telah mereka lakukan untuk menerapkan asas keberlanjutan dalam kegiatan operasional.

Sebagai gema dari praktik reduce, reuse, and recycle yang telah menjadi garis depan bisnis sejak beberapa tahun terakhir, BHA Sustainable Food Festival bertujuan untuk menghadirkan lebih dari sekedar festival makanan biasa.

Hasil kreasi dari hotel anggota dan restoran yang berpartisipasi dapat dinikmati saat makan siang dan malam selama festival berlangsung.

Adapun kriteria kunci tentang keberlanjutan yang menjadi pokok utama dari festival ini adalah sebagai berikut yakni minimum dua jenis makanan untuk makan siang dan tiga jenis makanan untuk makan malam.

Bahan-bahan yang digunakan harus 100 persen berasal dari Indonesia.

Menu didorong untuk menampilkan hidangan otentik Indonesia seperti rendang, balado, serta produk organik.

Festival ini juga bertujuan untuk mengurangi keluaran sampah hingga mendekati nol, dengan mendorong hotel melakukan kegiatan pengurangan sampah seperti pengomposan dan pemisahan sampah untuk memfasilitasi upaya daur ulang.

Inisiatif ini dimaksudkan untuk menetapkan tolok ukur untuk masa depan yang dapat diterapkan di seluruh area operasional di luar periode festival.

Scholars of Sustenance (SOS), sebuah yayasan derma pangan global, lewat divisi lokal SOS Indonesia, telah diundang sebagai mitra pendukung untuk festival ini.

Hotel dan restoran yang berpartisipasi dapat menyumbangkan makanan yang sudah dimasak namun tidak disempat disajikan dan masih layak untuk konsumsi ke SOS Indonsia untuk kemudian didonasikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

BHA Sustainable Food Festival, pertama kali diselenggarakan pada September 2021, berlangsung sukses.

Diikuti oleh 30 hotel, festival ini mendapatkan sambutan positif dari para tamu hotel dan memberikan kontribusi bagi masyarakat dan perekonomian lokal.

Lebih dari 45 supplier lokal dilibatkan, dengan perkiraan nilai transaksi total sebesar Rp 300 juta. Tahun ini, selain anggota Bali

Hotels Association, festival juga akan diikuti oleh anggota Bali Restaurant and Café Association.

Kolaborasi ini akan memungkinkan Bali Sustainable Food Festival untuk memiliki jangkauan yang lebih luas dan dampak yang lebih besar, dengan lebih dari 40 lokasi hotel dan restoran yang berpartisipasi.

“Kami sangat senang Sustainbale Food Festival dapat berjalan untuk tahun kedua dan kesempatan bermitra dengan BRCA untuk memperluas jangkauan dan dampak festival ini,” ujar Ketua BHA, Fransiska Handoko dalam konferensi pers di Conrad Bali Hotel seperti dilansir Tribun Bali, Rabu 6 Juli 2022.

Partisipasi dari hotel dan restoran populer di Bali akan menunjukkan ke publik tentang bentuk upaya kreatif dari industri pariwisata untuk bekerja dengan produsen lokal.

“Para wisatawan yang berkunjung ke Bali dan mendambakan profil cita rasa otentik dapat mengunjungi peserta festival untuk menikmati pengalaman bersantap yang tak terlupakan,” tambahnya.

Kevin Girard, selaku Wakil Ketua sekaligus Direktur Keberlanjutan BHA mengaku sangat senang melihat minat dan partisipasi dari anggotanya pada tahun kedua Festival ini, serta semangat mereka untuk menampilkan karya terbaik menggunakan produk lokal terbaik dari Bali.

“Para supplier terus meningkatkan kualitas dan komitmen keberlanjutan mereka ke tingkat berikutnya. Hal ini menjadi semakin penting seiring dengan kembalinya para wisatawan ke Bali dan minat terhadap cita rasa lokal yang sesungguhnya, serta memahami bahwa uang yang mereka belanjakan di Bali memberi dampak yang berarti terhadak ekonomi lokal,” kata Kevin Girard.

Dean Keddell, pemilik dan operator Ginger Moon Canteen dan Jackson Lily’s, sekaligus salah satu pendiri BRCA menambahkan aebagai organisasi yang relatif baru, kami senang mendapatkan kesempatan bergabung di BHA Sustainable Festival tahun ini.

“Festival ini akan menjadi ajang bagi anggota kami untuk menunjukkan kepada wisatawan tentang variasi dan kualitas makanan dan minuman di Bali,” imbuhnya.

Temukan hidangan inspiratif seperti Rendang Nangka, versi vegan dari salah satu makanan populer Indonsia, dengan bumbu rempah-rempah lokal, santan murni dan minyak buatan tangan; atau nikmati kuliner tradisional seperti Ayam Betutu, hidangan ayam kampung lezat khas Bali.

Festival akan dimulai pada hari Jumat, 8 Juli 2022, dan berlangsung sampai Minggu, 24 Juli 2022.

Tema Festival tahun ini yaitu ‘Bringing Sustainability to the Table’ merayakan kemampuan untuk mendorong pembangunan inklusif dan menghasilkan peluang baru melalui rantai pasokan lokal.

“Ini adalah kesempatan kita untuk melihat data pariwisata data tidak hanya dari sisi statistika dan mengakui bahwa, di balik setiap angka ada manusia,” kata Kevin Girard.

Festival ini terbuka untuk semua orang – Anda tidak perlu menjadi tamu hotel untuk menikmati festival di hotel yang berpartisipasi.

BHA mendorong semua pengunjung festival untuk melakukan pemesanan di muka untuk mengonfirmasi ketersediaan ruang, sekaligus memastikan jumlah produksi makanan yang benar untuk menghindari pemborosan.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.