15 Negara di Dunia yang Paling Aman untuk Traveling pada 2024

0

ihgma.com, Jakarta –  Memasuki tahun baru, ada banyak resolusi yang ingin dicapai oleh banyak orang. Salah satu resolusi yang paling diharapkan bisa terwujud adalah berwisata dan mengunjungi tempat-tempat baru.

Umumnya, ada banyak tempat atau negara yang masuk ke dalam “bucket list” wisata seseorang. Meskipun demikian, penting bagi calon traveler untuk mempertimbangkan banyak hal sebelum mengunjungi tempat-tempat atau negara baru.

Sejumlah hal yang harus dipertimbangkan adalah biaya hidup selama berlibur, ragam aktivitas yang bisa dilakukan, hingga jaminan keamanan atau keselamatan selama di tempat atau negara berwisata yang dituju.

Berkshire Hathaway Travel Protection (BHTP) baru saja menerbitkan laporan negara destinasi teraman di dunia pada 2024, “Safest Countries for Travelers for 2023-2024”. Dalam laporan ini, BHTP merilis tempat-tempat terbaik dari segi keamanan untuk dikunjungi pada 2024.

Selama sembilan tahun, BHTP telah menyusun daftar negara-negara teraman di dunia untuk dikunjungi melalui survei terhadap wisatawan yang dievaluasi bersama dengan data dari Global Peace Index dan peringkat keselamatan perjalanan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS).

Selain itu, penilaian juga dilihat dari rata-rata skor GeoSure Global dari negara-negara utama dan kota di masing-masing negara.

“Tempat yang aman pada awalnya merupakan tempat yang sebagian besar bebas dari aktivitas teroris. Kemudian menjadi tempat yang aman dari wabah penyakit. Sekarang menjadi tempat di mana semua jenis orang dapat bergerak bebas tanpa diskriminasi atau pelecehan,” tulis laporan BHTP, seperti dikutip CNBC Indonesia pada Senin (8/1/2024).

Menurut BHTP, negara teraman untuk berwisata di dunia adalah Kanada. Jika dibandingkan dengan 2023, Kanada naik sebanyak enam peringkat. Faktor yang membuat Kanada jadi tempat teraman adalah cuaca dan tingkat kepadatan penduduk yang rendah.

“Cuaca dingin dan kepadatan penduduk yang rendah di Kanada menjadikan perjalanan menjadi aman,” ungkap BHTP.

Selain cuaca dingin dan kepadatan penduduk yang rendah, faktor lain yang mendorong Kanada untuk menjadi raja daftar negara teraman di dunia adalah keselamatan transportasi, minimnya kejahatan dengan kekerasan, dan aman bagi perempuan serta kelompok LGBTQIA+ dan BIPOC.

Sebagai informasi, BIPOC adalah singkatan dari Black, Indigenous, dan People of Colour. Adapun, “Black” merujuk pada orang-orang kulit hitam, “Indigenous” merujuk pada kelompok masyarakat asli atau masyarakat adat, dan “People of Color” merujuk pada semua kelompok masyarakat yang tidak berkulit putih seperti masyarakat Asia.

Meskipun demikian, BHTP mencatat bahwa para wisatawan tetap harus berwaspada pada risiko kebakaran hutan di Kanada. Terlebih, kebakaran hutan berkontribusi terhadap penurunan kualitas udara di sebagian besar kota-kota Kanada.

“Hal ini membuat perjalanan ke Kanada sulit bagi orang-orang yang menderita penyakit pernapasan,” ujar BHTP.

Berikut daftar lengkap negara destinasi teraman di dunia 2024 menurut Berkshire Hathaway Travel Protection.

  1. Kanada
  2. Swiss
  3. Norwegia
  4. Irlandia
  5. Belanda
  6. Inggris
  7. Portugal
  8. Denmark
  9. Islandia
  10. Australia
  11. New Zealand (Selandia Baru)
  12. Jepang
  13. Prancis
  14. Spanyol
  15. Brasil
Leave A Reply

Your email address will not be published.