1,1 Juta Wisman Ditargetkan Kunjungi Labuan Bajo Saat KTT ASEAN 2023

0

ihgma.com – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 atau KTT ASEAN yang ke-42 akan diselenggarakan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Mei 2023.

Dikutip Kompas dari Antara, menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, momentum ini diharapkan dapat memicu 1,1 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman). Apalagi, pemerintah terus menggenjot pembangunan infrastruktur di Labuan Bajo, sebagai salah satu Destinasi Super Prioritas (DSP).

“Targetnya karena infrastrukturnya dibuat, sekira 1,1 juta (wisman),” kata Sandiaga di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (15/3/2023).

Meski demikian, pemerintah telah menetapkan 200.000 kuota pengunjung per tahun di Taman Nasional Komodo. Hal ini demi menjaga keberlanjutan ekosistem di kawasan tersebut.

Untuk itu, kata Sandiaga, penting dilakukan pengembangan destinasi baru untuk membantu mendorong kunjungan wisman saat KTT ASEAN 2023.

“Berarti kita harus ciptakan destinasi baru, klaster-klaster baru, sehingga kunjungan dari wisatawan itu bisa lebih berkualitas dan berkelanjutan, lama tinggalnya, lebih banyak belanjanya kepada ekonomi lokal lebih besar,” tutur mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Sandiaga menyampaikan, dirinya juga diminta oleh Presiden Joko Widodo untuk memanfaatkan momentum KTT ASEAN untuk promosi pariwisata Labuan Bajo. Salah satu bentuk promosi rencananya akan dilakikan lewat pameran pariwisata Asia Tenggara di Malaysia yang akan digelar akhir pekan ini.

Selain itu, juga melalui pemasaran digital Kemenparekraf untuk menyasar segmen spesifik.

“Kami akan bawa pesan dari Pak Jokowi ke forum ASEAN bahwa Labuan Bajo ini telah kami siapkan untuk destinasi wisata berkelas dunia dan bulan Mei akan menjadi tuan rumah dari KTT ASEAN,” kata Sandiaga.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.